Pages

Jumat, 01 April 2011

Perangko di hidup gue

Jaman sekarang susah cari anak muda yang sukanya koleksi perangko alias filatelis. Kayak gue ini. Dekil-dekil gini gue koleksi perangko lho! Gue sendiri gak berani bilang klo gue ini filatelis. Karena…. Jumlah koleksi gue cuman 29 buah! Dan beberapa diantaranya (baca: banyak) dikasih ma temen gue. Nah loh, niat gak sih? Eits, tapi jangan salah. Diantara koleksi 29 perangko gue itu, ada 10 perangko asing lho! - Lebih tepatnya 8. Karena sisanya dikasih temen (lagi)..Mungkin mereka kasihan ma gue yang g’ punya modal buat jadi filatelis ini ya?

Gue punya perangko Inggris keluaran tahun 1997 yang gambarnya Pangeran Charles ama Putri Diana. Gue juga punya dari Negara Filipina, Canada, Malaysia, China (Perangko china gue ini udah hancur setengah) de el el. Diantara sekian banyak koleksi gue (Banyak? Siapa bilang!) Gue paling suka perangko misterius gue. Gue sebut begitu karena gue g’ ngerti asalnya tuh perangko dari Negara mana. Ada gambar malikat item dan dibawahnya ada tulisan “Kalaalit Nunaat Cenaat Cenuut” (Enggak..enggak.. dua kata terakhir itu Cuma bohong. Sekali lagi BOHONG). Gak hanya itu, perangko ini juga yang termahal yang gue beli saat itu, harganya sekitar 6.000-8.000 rupiah(Ah, gue emang kere! Segitu aja dibilang mahal.)

Gue dapet perangko-perangko keren itu (Apanya yang keren? Lha wong pada soak semua) dari beli -dan juga ngemis. Selain itu gue juga mulung surat-surat kakek gue, mama gue dan papa gue. Pokoknya, semua amplop yang ada perangkonya gue ambil (Maklum, gue kan kere!). Sebenernya enak sih ngambil perangko bekas yang masih nempel di amplop, gratis gitu loh! Tapi, butuh keahlian khusus (Caile..Kayak penakluk bom aje.)

Ada beberapa cara yang gue tahu untuk melepaskan perangko yang udah soul mate banget sama amplop.

Cara 1. Pake ketek.
Lo semua pasti pada bingung cara kerjanya gimana. Pertama, kita siapkan perangko malang yang masih nempel sama amplopnya. Terus, buka baju. Dan… ketekin tuh perangko sial. Cara ini lebih efektif klo lo lagi berkeringat. Dijamin perangko bakal klepek-klepek dan akhirnya lepas dari amplop.

Cara 2. Bang Haji Rhoma Irama
Oke, cara ini sedikit mahal. Tapi ampuh kok. First of all, undang Bang Haji ke rumah lo. Suruh dia nyanyi lagu-lagu hits-nya. Taruh perangko yang masih nempel ama amplop di depan Bang Haji. Tak lama kemudian, si perangko bakal melepaskan diri dari amplop. Karena dia pengen joget! Gak mungkin kan mau joget tapi nempel-nempel gitu. Oya, cara ini paling ampuh diterapkan pada perangko Indonesia saja, soalnya jarang ada perangko luar negeri yang doyan dangdut.

Cara 3. Uap air
Gue dapet cara ini setelah nonton Mr. Bean. Gampang banget, taruh perangko+amplop di atas uap, dan akhirnya beres.

Cara 4. Air
Ini beda sama uap air diatas. Klo ini bener-bener dicemplungin ke air. Gue dapet tips ini dari papa. Pertama sih gue menolak mentah-mentah saran papa gue ini. Coba pikir deh, masak perangko yang terbuat dari kertas dimasukin air! Kan ntar malah rusak. Tapi setelah dengan nafsunya papa ngebujuk gue supaya nurutin perkataannya, akhirnya gue laksanain. Dan, bener2 manjur! (Jangan lupa air yang udah dipake tadi lo minum. Dijamin bakal koma 3 hari!)

0 komentar:

 
Copyright 2009 Jazzior